Mau Tahu Cara Menyusun Laporan Penelitian? Simak di Sini!

Ketika ingin melakukan penelitian, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat proposal laporan penelitian yang berisi rencana jalannya penelitian. Begitu kamu sudah selesai melakukan penelitian di lapangan, kamu juga harus menuangkanhasilnya ke laporan penelitian di bagian hasil dan pembahasan. Untuk membuat laporan penelitian, kamu tidak bisa membuat asal-asalan karena laporan penelitian memiliki struktur penulisannya sendiri. Maka dari itu, pentingnya mengetahui bagaimana menyusun laporan penelitian.

Unsur-Unsur dalam Struktur Laporan Penelitian

1. Pendahuluan

Pertama, kamu harus membuat bab awal yang berisi pendahuluan terlebih dahulu. Pendahuluan berisi latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penelitian.

2. Tinjauan Pustaka

Tinjauan pustaka berisi kajian teori dan informasi yang berhubungan dengan variabel penelitian di mana peneliti umumnya mendapatkan dari buku, artikel, dan jurnal-jurnal terdahulu.

3. Metode Penelitian

Maksud dari metode penelitian adalah teknik bagaimana kamu melakukan penelitian, seperti desain penelitian, populasi dan sampel, teknik pengumpulan data (survey/wawancara/lainnya), dan teknik analisis data.

4. Hasil dan Pembahasan

Di bagian ini, kamu menulis uraian hasil data yang kamu dapatkan di lapangan dan jabarkan sesuai dengan metode penelitian yang kamu pilih.

5. Kesimpulan dan Saran

Terakhir di bab penutupan, kamu bisa menuliskan ringkasan penelitian yang kamu lakukan. Jangan lupa beri saran atau masukan yang ditujukan untuk peneliti selanjutnya agar penelitian mereka bisa lebih baik lagi di masa depan.

6. Daftar Pustaka

Ketika kamu melakukan penelitian tentunya kamu banyak mendapatkan referensi dari buku, jurnal, maupun artikel. Untuk menghindari plagiarisme, cantumkan sumber-sumber refererensi tersebut dalam bentuk format tertentu.

Setelah mengetahui unsur-unsur yang ada dalam struktur peenlitian, sekarang kita masuk ke pembahasan bagaimana bentuk contoh laporan penelitian. Simak contohnya di bawah ini!

banner webinar gratis ebizmark

Contoh Laporan Penelitian

Fenomena Penggunaan Laptop oleh Siswa Kelas 6 SD

untuk Pembelajaran di Sekolah

I. PENDAHULUAN

Latar Belakang

Di era digital ini, sudah banyak aspek kebutuhan manusia yang terbantu oleh kecanggihan teknologi. Mulai dari aspek kesehatan, lingkungan, sampai pendidikan. Tidak hanya membantu murid, teknologi di aspek pendidikan juga sangat memudahkan guru selama pembelajaran, contohnya memudahkan membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran),  merekap nilai secara digital, menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh, dan lain-lain.

Teknologi pendidikan ini sedang diterapkan ke seluruh sekolah di Indonesia. Bahkan di beberapa sekolah, siswa kelas 6 SD sudah menggunakan laptop yang disediakan sekolah untuk menunjang pembelajaran. Dengan menerapkan kebijakan ini, banyak hal positif atau keuntungan yang dirasakan oleh guru dan siswa-siswa kelas 6 SD tersebut.

Rumusan Masalah

  1. Apa saja faktor-faktor sekolah X menyediakan laptop untuk siswa kelas 6 SD?
  2. Kemudahan apa saja siswa kelas 6 SD di sekolah X ketika menggunakan laptop selama pembelajaran?
  3. Apakah ada kesulitan dan dampak negatif yang dirasakan guru terhadap siswa kelas 6 SD di sekolah X ketika menggunakan laptop selama pembelajaran? Kalau ada, apa saja kesulitan dan dampak negatifnya?
  4. Bagaimana mengatasi kesulitan tersebut?

Tujuan Penelitian

  1. Mengetahui faktor-faktor sekolah X menyediakan laptop untuk siswa kelas 6 SD.
  2. Mengetahui kemudahan yang dirasakan guru dan siswa kelas 6 SD di sekolah X ketika menggunakan laptop selama pembelajaran.
  3. Mengetahui kesulitan dan dampak negatif yang dirasakan guru terhadap siswa kelas 6 SD di sekolah X ketika menggunakan laptop selama pembelajaran.
  4. Memahami bagaimana guru bisa mengatasi kesulitan tersebut.

II. TINJAUAN PUSTAKA

  1. Kajian Teori
  2. Teknologi pendidikan
  3. Penerapan teknologi di sekolah-sekolah Indonesia
  4. Penggunaan laptop untuk kegiatan belajar-mengajar

III. METODE PENELITIAN

  1. Desain penelitian kualitatif
  2. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara
  3. Partisipan: guru sekolah X yang mengajar siswa kelas 6 SD

IV. PEMBAHASAN

Hasil dan Pembahasan

Sekolah X sudah menyediakan laptop untuk siswa kelas 6 SD karena kesadaran sekolah mengenai pentingnya pembelajaran menggunakan teknologi, ingin meningkatkan daya saing siswa, dan meningkatkan citra baik sekolah. Kemudahan yang dirasakan guru ketika memakai laptop selama pembelajaran adalah guru bisa melihat tugas-tugas siswa secara otomatis dan tidak membutuhkan waktu lama, menghemat penggunaan kertas, serta bisa membuat materi pembelajaran dengan tambahan visual atau tampilan yang bisa menarik perhatian siswa. Sedangkan keuntungan yang dirasakan siswa adalah minat belajar naik karena mereka merasa belajar menjadi tambah menyenangkan, kreativitas mereka berkembang, dan mengerjakan tugas sudah tidak manual tulis tangan lagi.

Kesulitan yang dihadapi guru adalah ketika menggunakan laptop di kelas, siswa terkadang tidak memerhatikan materi namun hanya fokus pada animasi atau elemen yang lain. Selain itu, ada siswa yang suka mencuri waktu bermain game online saat sedang belajar karena sekolah belum menerapkan pemblokiran beberapa situs. Dampak negatif yang dirasakan adalah siswa yang berlama-lama menyerahkan laptop karena kecanduan hiburan di dalamnya. Solusi yang sudah diterapkan adalah guru akan mengecek secara signifikan apa yang sedang dilihat siswa dan tidak diperkenankan untuk mengulur waktu ketika waktu pelajaran memakai laptop sudah habis.

V. PENUTUP

Kesimpulan

Sekolah X sudah cukup mampu menyediakan laptop untuk siswa kelas 6 SD. Penggunaan lapto ada dampak positif dan negatif bagi siswa kelas 6 SD di sekolah X. Guru-guru siswa kelas 6 SD sudah menerapkan beberapa solusi untuk menghadapi dampak negatif tersebut.

Saran

Pembahasan bisa lebih luas lagi sehingga keuntungan dari penerapan teknologi pendidikan dapat dipertimbangkan oleh semua sekolah di Indonesia.

DAFTAR PUSTAKA

Nama, Lengkap.2023.Judul Sumber Referensi.Kota Terbit: Nama Penerbit

Nama, Lengkap.2023.Judul Sumber Referensi.Kota Terbit: Nama Penerbit

banner online course ebizmark

2 thoughts on “Mau Tahu Cara Menyusun Laporan Penelitian? Simak di Sini!”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Please enable JavaScript in your browser to complete this form.