Bagaimana Bentuk Contoh Makalah yang Baik dan Benar

Arti dan Jenis Makalah

Di institusi pendidikan seperti sekolah atau kampus, kata ‘makalah’ sudah umum didengar. Bahkan makalah sudah banyak diterapkan sebagai tugas rutinitas yang diberikan tenaga pendidik kepada peserta didik. Makalah sendiri diartikan sebagai laporan tugas sekolah atau karya tulis ilmiah yang dibuat oleh peserta didik. Jenis makalah ada yang berbentuk karya tulis yang berisi seperti karya tulis ilmiah atau keilmuan dan ada juga yang berbentuk laporan kegiatan. Lihat contoh makalah dibawah sebagai referensi anda.

Karena makalah merupakan karya tulis, membuatnya harus menggunakan EYD serta bahasa Indonesia yang baik dan benar. Selain itu, makalah juga harus disusun berdasarkan aturan kaidah ilmiah. Namun, masih ada peserta didik yang masih belum mengetahui bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar, terutama peserta didik yang baru pertama kali mendapatkan tugas membuat makalah. 

Oleh karena itu, bagi yang masih bingung bagaimana contoh makalah yang baik dan benar, di artikel ini akan memaparkan contoh makalah yang baik dan benar.

Contoh Makalah

1. Contoh Makalah Ilmiah/Keilmuan

ANALISIS PELANGGARAN HUKUM DAN ETIKA PROFESI KOMUNIKASI OLEH ANJI PERIHAL KLAIM OBAT COVID-19

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT tuhan Yang Maha Esa dan atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hidayahnya sehingga penulis dapat dapat menyelesaikan makalah mata kuliah Hukum dan Etika Komunikasi ini. Sebagaimana mata kuliah Hukum dan Etika Komunikasi merupakan salah satu mata kuliah yang wajib dikontrak oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pendidikan Indonesia. Penyusunan makalah ini bertujuan untuk memenuhi nilai tugas akhir dari mata kuliah Hukum dan Etika Komunikasi. Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman maka penulis yakin masih banyak kekurangan dalam laporan ini. Penulis berharap makalah ini bisa menjadi bukti yang baik dan menjadi acuan untuk memperhatikan etika profesi terutama di dalam lingkungan kerja profesi komunikasi. Akhir kata, semoga makalah ini dapat berguna bagi para pembaca.

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Pandemi Covid-19 memicu banyak sekali pelanggaran hukum dan etika komunikasi. Selama masa pandemi ini, banyak sekali hoaks menyebar di kalangan masyarakat yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Baik pemerintah ataupun pihak berwajib tidak dapat mengontrol secara langsung informasi apa saja yang disampaikan dan dikonsumsi oleh setiap individu di Indonesia. Oleh karena itu, untuk mengontrol ketidakaturan informasi yang tersebar, pemerintah Indonesia menerapkan UU ITE bagi warga negaranya.

  1. Rumusan Masalah
  1. Apa yang dilakukan Anji sehingga disebut melanggar hukum dan etika komunikasi?
  2. Bagaimana Anji menyelesaikan masalahnya?
  3. Tujuan Masalah
  1. Mengetahui pelanggaran yang dilakukan oleh Anji.
  2. Memahami solusi dari pelanggaran yang dilakukan oleh Anji.

BAB 2

PEMBAHASAN

  1. Kronologi Masalah

Anji mengunggah video di kanal Youtube-nya bahwa obat herbal Covid-19 telah ditemukan. Tamu yang hadir dalam podcast Anji dan mengaku sebagai dokter itu membenarkan pernyataan Anji. Video itu menyebar dengan cepat ke internet dan mendapat kritikan dan hujatan dari warganet Indonesia karena belum terbukti dari dinas kesehatan atau pemerintah bahwa obat covid telah ditemukan. Setelah ramai, warganet bahkan IDI (Ikatan Dokter Indonesia) meminta Anji untuk mempertanggungjawabkan video yang dibuatnya itu.

  1. Pelanggaran Etika oleh Anji

Anji telah melakukan pelanggaran etika profesi komunikasi kesehatan karena dia telah membuat dan menyebarluaskan informasi palsu di dunia maya.

  1. Penyelesaian Masalah yang Dilakukan Anji

Setelah ramai, Anji akhirnya menghapus video itu dari kanal Youtube-nya. Dia juga meminta maaf terutama kepada IDI karena sudah mengundang sembarang orang yang belum terdaftar di IDI sebagai narasumber di podcastnya.

  1. Pelajaran yang Diambil

Pelajaran yang bisa diambil dari kasus ini ialah kita harus menyaring informasi terlebih dahulu, terutama yang tersebar di internet. Kemudian kita juga harus bertanggung jawab atas informasi yang akan disebarluaskan, artinya kita harus memikirkan kebenaran terlebih dahulu sebelum menyebarluaskannya. Hal ini disebut dengan validasi data.

BAB 3

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Dalam kasus ini, Andi telah melanggar etika profesi komunikasi yaitu telah menggiring opini publik ke arah informasi yang salah sebagai influencer. Beliau juga dikenai pasal UU ITE karena telah menyebarkan berita bohong hanya untuk menguntungkan diri sendiri. Hikmah yang dapat melalui kasus misinformasi yang dilakukan Anji, yaitu Tanggung Jawab Sosial dan Validasi Data.

3.2 Saran

Bagi peserta didik yang ingin membuat makalah mengenai hukum dan etika profesi komunikasi, baiknya untuk perbanyak literasi kasus pelanggaran etika profesi komunikasi agar informasi yang didapat semakin lengkap. Selain itu, tambah juga opini kalian terhadap kasus yang kalian teliti, seperti opini kalian mengenai apa yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan oleh pelanggar etika.

2. Contoh Makalah Laporan Kegiatan

LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA JAWA BARAT SELAMA PERIODE 1 FEBRUARI-12 APRIL 2023

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT tuhan Yang Maha Esa dan atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hidayahnya sehingga penulis dapat dapat menyelesaikan kegiatan dan laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Sebagaimana Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib dikontrak oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pendidikan Indonesia. Penulis memilih Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Barat sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) berdasarkan beberapa alasan dan pertimbangan penulis.

Penyusunan laporan hasil kegiatan PPL ini bertujuan untuk memenuhi nilai tugas akhir dari mata kuliah Program Pengalaman Lapangan. Penulis berharap laporan ini bisa menjadi bukti yang baik dan menjadi acuan bagi perusahaan dalam penerima peserta PPL berikutnya, juga pihak universitas dalam melaksanakan kegiatan PPL selanjutnya. Akhir kata, semoga laporan ini dapat berguna bagi para pembaca.

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Selain untuk memenuhi mata kuliah, kegiatan PPL juga dilaksanakan guna mempersiapkan mahasiswa untuk siap menghadapi dunia kerja nantinya. Disadari bahwasannya dalam menghadapi dan memasuki dunia kerja tidak cukup berbekal pengetahuan akan teori, namun juga keterpaduan dari pelatihan praktik di lapangan guna memberikan gambaran tentang dunia kerja yang sebenarnya sehingga dapat mengasah aspek keterampilan professional dari setiap individu dalam bekerja. Oleh karena itu, melalui Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan teori yang telah dipelajarinya dan juga belajar secara langsung mengenai kondisi nyata dunia kerja melalui pengalaman yang diperoleh dengan langsung terjun ke lapangan.

1.2 Tujuan dan Manfaat Pelaksanaan PPL

  • PPL merupakan salah satu syarat akademik yang telah ditentukan oleh Universitas Pendidikan Indonesia sebagai kelengkapan dalam menyelesaikan program studi; menggali & mengembangkan potensi yang ada dalam diri mahasiswa di dunia pekerjaan; 
  • Menambah wawasan serta pengalaman mahasiswa tentang dunia kerja yang sesuai dengan bidang konsentrasi yang dipilih, khususnya pekerjaan di Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat.

1.3 Jadwal Pelaksanaan PPL

Penulis mulai melaksanakan PPL dari tanggal 1 Februari hingga 12 April 2023. Total yang ditempuh Penulis selama PPL adalah 61 hari kerja yang dipotong hari cuti bersama selama 3 hari.

BAB 2

PEMBAHASAN

  1. Sejarah Perusahaan

Nama Diskominfo Prov. Jabar lahir berdasarkan Perda Nomor 21 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Provinsi Jawa Barat. Berdasarkan Perda tersebut, maka BAPASITELDA Prov. Jabar berganti menjadi Dinas Komumunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat disingkat Diskominfo Prov. Jabar yang berlokasi di Jalan Tamansari No. 55 Bandung.

  1. Visi dan Misi Perusahaan
  • Visi

Terwujudnya Jawa Barat Juara Lahir Batin dengan Inovasi dan Kolaborasi

  • Misi
  1. Membentuk manusia pancasila yang bertaqwa;
  2. Melahirkan manusia yang berbudaya, berkualitas, bahagia dan produktif;
  3. Mempercepat pertumbuhan dan pemerataan pembangunan berbasis lingkungan dan tata ruang yang berkelanjutan;
  4. Meningkatkan produktivitas dan daya saing usaha ekonomi umat yang sejahtera dan adil;
  5. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang inovatif dan kepemimpinan yang kolaboratif antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota.
  6. Tupoksi Perusahaan

Dinas mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan pemerintahan Daerah bidang komunikasi dan informatika, meliputi E-Government, Aplikasi Informatika, Informasi dan komunikasi Publik, persandian dan keamanan informasi dan statistik berdasarkan asas otonomi, yang menjadi kewenangan Provinsi, melaksanakan tugas dekonsentrasi sampai dengan dibentuk Sekretariat Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat serta melaksanakan tugas pembantuan sesuai bidang tugasnya.

BAB 3

PENUTUP

  1. Kesimpulan

Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat adalah instansi pemerintahan yang bergerak di bidang aplikasi perkomputeran dan juga komunikasi publik. Penulis memilih Diskominfo Jabar sebagai tempat PPL adalah karena Penulis merasa apa yang Penulis sudah dipelajari di konsentrasi Humas di perkuliahan, relevan dengan kinerja di Diskominfo Jabar. Durasi kegiatan PPL yang dilaksanakan oleh Penulis di Diskominfo adalah dari 1 Februari-12 April 2023. Selama di sana, Penulis mendapat banyak pelajaran dan relasi.

  1. Saran

Adapun saran yang Penulis ingin berikan kepada perusahaan Diskominfo Jabar:

  1. Mentor di tim Penulis ada sekitar empat orang. Namun tidak semuanya interaktif terhadap tugas-tugas magang yang dibuat oleh Penulis. Untuk ke depannya, semoga mentor-mentor lebih aktif serta interaktif dengan anak magang agar anak magang tidak bingung apakah tugasnya sudah benar atau belum.
  2. Dibuatnya jadwal WFA dan WFO untuk menghindari Penulis serta anak magang lain yang terlihat seperti tidak bekerja apa-apa di kantor. 

Apa Itu Ebizmark?

ebizmark merupakan platform untuk belajar penelitian terutama bagi kamu mahasiswa dari tingkat sarjana (S1) bahkan tingkat doktor (S3), dan dosen. ebizmark menyediakan berbagai media belajar mulai dari artikel bacaan, kelas gratis webinar, dan kelas bootacamp.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Please enable JavaScript in your browser to complete this form.